Tempat Makan (Enak) di Samarinda #8* Lontong Padang RM Talago

Tempat Makan (Enak) di Samarinda #8* Lontong Padang RM Talago

 

Mari melanjutkan list tempat makan enak (sesuai selera saya) di Samarinda.

Saya ini meskipun puluhan tahun sudah merantai, lidah saya masih ter-sumatera kan. Sebenarnya di Samarinda banyak yang menjual lontong sayur, terutama untuk sarapan. Pertama kali pindah ke sini, saya dengan pe-de nya membeli lontong sayur untuk sarapan pagi. Dalam ekspektasi saya, lontong sayur itu ya seperti lontong padang. Ternyata lontong sayur yang banyak dijual di Samarinda adalah lontong sayur versi orang Banjar. Taste-nya cenderung manis. Dilidah saya bahkan rasanya terlalu manis dan bikin eneg. Dua-tiga kali saya mencoba membeli lontong sayur di warung berbeda, ternyata tidak ada yang sesuai ekspektasi.

                Medio tahun 2016 saya hamil anak pertama, dan keinginan memakan lontong sayur versi padang semakin menjadi-jadi alias saya ngidam. Saya sudah mencoba searching di internet dan sosial media, gak nemu. Pernah beberapa kali di pagi hari saya bela-belain keliling Samarinda, dan hasilnya nihil. Saya hanya menemukan satu warung dengan tulisan “sedia lontong padang”, namun ternyata warungnya sudah tutup. Mau bikin sendiri juga repot, karena bikin lontong sayur itu ribet dan hasilnya pun belum tentu sesuai ekspektasi. Kota terdekat yang katanya ada penjual lontong padang yakni Balikpapan. Tapi alangkah repotnya di tengah mabuk hamil muda saya harus ke Balikpapan hanya untuk makan lontong sayur  padang. Untungnya di kehamilan bulan ke-6, saya ke Jakarta dan Alhamdulillah kesampaian makan lontong sayur padang, walaupun harus naik pesawat dulu.

Lontong padang di Samarinda
Lontong Padang di Samarinda


Makanya setelah bertahun-tahun, dan saya sudah hampir melupakan lontong padang sebagai salah satu pilihan sarapan pagi.  Saya akhirnya menemukan satu tempat yang menjual lontong padang dengan rasa yang otentik alias mirip dengan lontong padang yang sering saya makan di Sumatera : pakai kerupuk merah yang khas, ada mie keritingnya, sayur pakis, kuah yang pas dan cukup pedas, lokasi gak terlalu jauh dari rumah, dan tentu saja harga bersahabat. Seporsi lontong padang dihargai lma belas ribu sudah berlauk telur rebus. Lontong pada di RM Talago ini buka mulai pagi hari alias bisa untuk sarapan. Selain lontong padang, ada juga menu sate padang dan soto padang. Semuanya enak kok. Rasanya otentik. Apalagi untuk sate padang di RM Talago ini : seporsi 25 ribu, dengan potongan daging sapi yang besar-besar dan empuk. Sangat recommended.  Selain ketiga menu tadi, tentu saja sebagai warung makan padang, RM Talago ini menyediakan nasi padang dengan berbagai lauk. Salah satu warung padang favorit saya di Samarinda, karena bumbunya gak pelit, rasa enak, dan harga masih affordable walaupun gak murah-murah amat sih. Hehehe. Oiya untuk warung nasi padang, bukanya agak sedikit siang ya.

Selamat mencoba J

 

.

 

 

 

 

 

disclaimer  : *postingan ini tidak berbayar. Murni pengalaman pribadi penulis.

Tanda # pada judul hanya menunjukkan urutan postingan, bukan peringkat rumah makan di Kota Samarinda.

 

 

Samarinda, November 2021

 

Post a Comment

0 Comments