Menjelajah Dokter Gigi di Samarinda

Menjelajah Dokter Gigi di Samarinda



Hi There!

Mei sebentar lagi berakhir, semoga masih sempat menulis satu postingan di blog ini. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan jasa Dokter Gigi selama tinggal di Samarinda, Kalimantan Timur.  Saya pernah menggunakan jasa kontrol behel, lepas behel, membersihkan karang gigi, cabut gigi, hingga tambal gigi. Mudah-mudahan bisa jadi referensi kawan-kawan semua yang bingung mencari dokter gigi di Samarinda.

vintage dentist illustration, dokter gigi di samarinda
Vintage Dentist Illustration


Kontrol Orthodontist dan Lepas Behel

Pertama kali menggunakan jasa dokter gigi di Klinik Gigi Rissa, Jln. Kadrie Oening Samarinda, Kalimantan Timur. Klinik ini jaraknya gak terlalu jauh dari kontrakan saya dulu. Waktu itu keperluan saya kontrol behel. Di Klinik Gigi Rissa ini ada satu dokter gigi spesialis orthodontic. Dokternya perempuan tapi saya lupa namanya siapa. Gak ada hal mengesankan sih saat kontrol ini. Klinik nya terbilang g terlalu ramai dan pelayanannya cepat. Biaya kontrolnya standard kontrol orthodontist, sekitar 150-200 ribu. Selain itu saya juga pernah kontrol behel di drg. Rina Wahyu Sp.Ort  yang di jalan Vorvo, Samarinda. Biayanya sekali kontrol sekitar 200-250 ribu rupiah. Drg Rina Wahyu itu ramah, tenang, tempat prakteknya bagus dan bersih, pasien nya juga lumayan banyak. Saya sih lebih nyaman dengan drg. Rina Wahyu ini.
Setelah itu saya melepas behel medio tahun 2016. Saya coba di dokter gigi umum aja, karena kalau ke spesialis ortohodontist, nanti disuruh pasang retainer lagi. Terus terang saya udah males ngurusin behel. Apalagi saat itu baru melahirkan dan Amni masih bayi. Rasanya repot banget kalau harus pakai retainer dan kontrol rutin lagi. Akhirnya saya nekat ke Klinik Umum (saya lupa namanya) Jalan Antasari, Air Putih, Samarinda, Kalimantan Timur. Di sana ada dokter gigi umum yang akhirnya membantu saya melepas behel.  Dokter giginya perempuan, masih muda, dan kelihatan masih grogi saat melakukan tindakan. Well, this is not a good experience. Biaya lepas behelnya sekitar 700-800 ribu rupiah.

Membersihkan Karang Gigi

Saya termasuk orang yang rajin membershikan karang gigi. Selama di Samarinda,  saya sempat dua kali membersihkan karang gigi. Pertama dengan menggunakan fasilitas BPJS. Jadi dengan menggunakan BPJS, peserta bisa membersihkan karang gigi maksimal 1 kali dalam satu tahun di dokter gigi BPJS. Saya membersihkan karang gigi di Faskes I BPJS di Klinik Islamic Center, Samarinda. Sayangnya, karena menggunakan fasilitas BPJS, jadi gigi yang dibersihkan karangnya hanya gigi tertentu yang benar-benar banyak karangnya.  Karena gak puas, lain waktu saya membersihkan karang di Klinik Gigi di Jln. Antasari tepat di samping Terang Bulan Royal 88. Dokternya cowok, lumayan enak diajak diskusi, peralatan yang digunakan juga canggih. Karena gigi saya masih tergolong bersih, akhirnya dokter gigi hanya menyarankan membersihkan salah satu rahang. Biaya membersihkan karang gigi per rahang sekitar 300-450 ribu, kalau dua rahang yang dibersihkan sekitar 500-800 ribu tergantung beratnya kasus.

Cabut Gigi
                Jadi, gigi saya ini termasuk yang rapuh. Sewaktu hamil sempat gigi saya patah, namun masih tersisa sedikit pangkalnya dan tentu saja akar giginya. Mengganggu sekali karena terasa sakit serta sempat meradang dan bernanah. Saya sempat ke dokter gigi, namun disarankan untuk mencabut sisa giginya setelah melahirkan.
                Akhirnya setelah melahirkan, saya datang lagi ke dokter gigi faskes I BPJS Kesehatan, dan diberi rujukan ke RS Hermina. Kenapa dirujuk?. Karena patahan yang tersisa sangat sedikit dan sulit dikerjakan dengan alat yang dimiliki klinik.  Karena gak punya referesi apa-apa di RS Hermina saya asal aja ke dokter gigi siapapun yang saat itu sedang praktek. Gigi saya dicabut dengan drg. Oswin Widjaja. Dan walaupun masih muda, dokter Oswin ini confidence banget dan cekatan dalam melakukan tindakan. Proses pencabutan giginya sangat cepat dan hampir gak terasa sakit. Very recommended.


Tambal Gigi

                Nah ada beberapa bagian di gigi saya yang perlu di tambal, walaupun ukurannya masih sangat kecil (mikro). Karena terkesan dengan pengalaman mencabut gigi dengan drg. Oswin Widjaja. Akhirnya tambal gigi kali ini saya memutuskan kembali ke drg Oswin. Saya cari di google, praktek pribadi drg. Oswin terletak di sekitar Sungai Pinang, Samarinda. Ya lumayan jauh kalau dari rumah. Akhirnya saya memutuskan tambal gigi di RS Hermina yang jaraknya hanya sekitar 2,4 km dari rumah.
Ketika sudah berada di dalam ruang praktek dokter, saya sempat menanyakan berapa biaya tambal gigi. Dokternya menyebutkan biayanya sektiar 350 ribuan per gigi. Karena sudah terlanjur masuk ruang dokter, ya sudah akhirnya saya menambal dua gigi. Ketika selesai dan akan membayar di kasih, ternyata biaya terbaru tahun 2019 sudah naik, sekt8ar 400an ribu  per gigi. Wew….lumayan juga.
Saran saya, kalau menggunakan biaya pribadi, mending langsung ke praktek pribadi dokter gigi yang bersangkutan. Karena harga/biaya berobat di klinik/praktek pribadi memang rata-rata lebih murah ketimbang di rumah sakit.
                  Oiya, selain di Sungai Pinang, sekarang drg.Oswin Widjaja juga praktek di Klinik Gigi di Jln. Juanda tepat di samping Toko Bobo Samarinda, Kalimantan Timur.

Samarinda, Mei 2019

Post a Comment

4 Comments

  1. Terima Kasih atas Pengalamannya ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Ini siapa ya ? :) Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. hehehe

      Delete
  2. Kalau boleh tau biaya cabut gigi yg patah seperti mbak, berapa, ya?

    ReplyDelete
  3. Bu, biaya pasang behel bahan metal di Samarinda berapa Bu?

    ReplyDelete

thanks for your comment.

will be shown after moderation