Kalau mau menyebut brand fashion pemain lama di Indonesia
dengan produk-produk ekslusif, bisa jadi Sophie Paris salah satunya. Dulunya, seingat saya sewaktu saya kecil,
puluhan tahun lalu, Sophie Paris ini terkenal dengan nama Sophie Martin.
Nah, minggu lalu saya diundang di acara conference member Sophie
Paris di Samarinda. Lumayan menambah
pengetahuan mengenai produk dan strategi
marketing yang Sophie Paris tawarkan saat ini. Ternyata selain produk fashion, Sophie Paris
kini juga merambah ke produk kecantikan. Bahkan Sophie Paris punya line produk
khusus pria dengan merek Alive. Sementara tas dan dompet menjadi produk dengan varian paling banyak
dan jadi best seller di Sophie Paris. Harga tasnya
lumayan affordable dengan kisaran harga 100-400 ribu rupiah.
BB Cushion Lucu dari Sophie Paris |
Sedangkan untuk pemasarannya, Sophie Paris ini dijual bebas
dengan harga normal dan potongan harga yang menggiurkan untuk member. Nah yang
jadi inovasi di Sophie Paris ini sistem member get membernya sekarang bisa
menggunakan QR code. Jadi gak perlu lagi repot-repot isi form dan sebagainya. Satu
lagi yang menarik dari sistem pemasarannya, Sophie Paris mengkombinasikan sistem
penjualan online dan offline. Di sistem penjualan offline, selain member get
member, ada juga program tenda Sophie, dimana member Sophie Paris bisa membuka
tenda (semacam pop up store), di keramaian atau event-event tertentu. Menurut saya, ide pop up store ini juara sih,
karena bagaimanapun ada orang-orang yang punya insting impulsive berbelanja,
adapula orang-orang yang lebih senang berbelanja dengan melihat langsung barang
ketimbang hanya lewat catalog atau gambar. Belum lagi kalau bikin pop up store ada kemungkinan orang yang mampir ke booth bisa direkrut menjadi anggota.
Dompet lucu dan BB Cushion Sophie Paris |
Yes, ini jadi insight tersendiri buat saya sih yang sedang belajar banyak mengenai entrepreneurship dan pemasaran.
Samarinda, November 2018.
0 Comments
thanks for your comment.
will be shown after moderation