Tempat Makan Enak di Samarida HokBen Samarinda

Tempat Makan Enak di Samarida HokBen Samarinda

 

HokBen Samarinda

Lokasi :  LG BIG Mall Samarinda

Jln. Untung Surapati, Kec. Sungai Kunjang

Kota Samarinda – Kalimantan Timur

 

Kembali lagi dengan seri tempat makan enak di Samarinda, tentu saja setelah sekian lama hibernasi.  Kali ini saya mau review tempat makan yang meskipun baru banget di Samarinda, tapi saya udah tahu rasanya. Hehehe soalnya saya sudah pernah menikmati hidangannya, tapi bukan di Samarinda.

               Dulu kalau mau menikmati makanan ini harus ke Pulau Jawa. Bahkan waktu jaman saya masih kuliah di Yogyakarta, kalau mau menikmati makanan ini harus ke Jakarta atua Bandung dulu. Saya selalu berusaha menyempatkan diri makan di Hoka Hoka Bento (dulu Namanya ini ya) kalau kebetulan berangkat dan tujuan akhir saya Stasiun Gambir, Jakarta.  Begitupun  kalau pas main ke Bandung naik kereta, saya selalu menyempatkan mampir makan di HokBen Stasiun Bandung, atau sering juga saya bungkus untuk dinikmati saat perjalanan di dalam kereta api.


outlet restoran hokben samarinda
Outlet Restoran HokBen Big Mall Samarinda

Yap, sekarang gak perlu repot-repot lagi menyeberang ke Pulau Jawa kalau ingin atau kangen menu HokBen. Per tanggal 17 maret 2023 ini  cabang HokBen pertama di Kalimantan Timur resmi beroperasi. Restoranini merupakan cabang HokBen ke 351 di seluruh Indonesia dan cabang ke 3 di Pulau Kalimantan, sebelumnya HokBen sudah membuka cabang di Pontianak, Kalimantan Barat dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Memang menjelang bulan puasa, secara seasonal,  banyak muncul restoran dan tempat-tempat makan baru. Mudah-mudahan HokBen jadi salah satu tempat makan yang long lasting di Big Mall Samarinda.

HokBen ini merupakan restoran frenchise asli Indonesia. Diantara restoran atau rumah makan frenchise lokal, bisa dikatakan HokBen jadi salah satu yang paling tua, sudah berdiri sejak 1985, dan masih bertahan sampai saat ini.  Saya  bahkan dulu sempat  mengira bahwa HokBen ini restoran import dari Jepang , saking segala pernik, makanan, dekorasi, dan nuansa nya kayak restoran Jepang.

Namun makanan dan masakan Jepang di negara asalnya banyak yang menggunakan campuran bahan non-halal, sementara di Indonesia karena mayoritas penduduknya beragama islam, maka makanan dan masakan Jepang di Indonesia rata-rata sudah dimodifikasi baik soal citarasa yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, pun juga bahan-bahan makanan menggunakann produk halal agar bisa dikonsumsi Sebagian besar masyarakat Indonesia.

Soal kehalalan makanan ini juga jadi concern di Restoran HokBen sebagai rumah makan yang menyajikan menu makanan dengan citarasa masakan Jepang. Pada cara soft launching  HokBen di Big Mall Samarinda (16/3) mengangkat topik  “Pentingnya Makanan Halal” dengan menghadirkan narasumber Kepala LPPOM MUI Kalimantan Timur H. Sumarsongko bersama General Manager Operational HokBen Samsul Bahri.


Halal produk HokBen Samarinda
Bincang mengenai Pentingnya Makanan Halal di Outlet HokBen Big Mall Samarinda


 Menu-menu di HokBen sudah terjamin kehalalannya karena sudah tersertifikasi Halal dari MUI sejak tahun 2008, termasuk masing-masing booth atau tiap cabang HokBen masing-masing memiliki sertifikat halal.

Kepala LPPOM MUI pada acara tersebut juga menjelaskan pentingnya mengkonsumsi makanan halal karena berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya ibadah kita, serta cara memastikan makanan dan produk yang kita gunakan sehari-hari benar-benar halan.

Gimana kita bisa percaya suatu produk, makanan, atau bahan tertentu memang benar-benar halal ?. Tentu dengan penerbitan sertifikasi halal dari badan atau instansi yang berwenang. Kalau kawan masih gak percaya juga, bisa aja kan sertifikat halal tersebut palsu?. Tenang, kawan masih bisa memastikan informasi bahkan keaslian sertifikat halal dengan cara cek  langsung di website resmi MUI https://halalmui.org  dan di https://info.halal.go.id/.

Selain soal halal, yang gak kalah penting tentu saja promo-promo yang ditawarkan. Karena baru launching alias baru buka, biasanya yang dikejar ya promo. HokBen menawarkan banyak promo yang diantaranya pembelian set menu dalam jumlah tertentu mendapatkan gratis merchandise yang berbeda-beda tiap harinya. Ada merchandise tumbler, bantal, payung, dsb. Juga ada promo tebus murah menu tertentu dengan syarat dan ketentuan ya, hehehe.

Menu andalan di HokBen tetap set bento denga lauk yang dimasak ala tumis yakiniku dan teriyaki, dessert khas HokBen seperti Okura, dan goreng-gorengan semacam eggroll, ekado, dsb yang juga sudah banyak ditiru kompetitor, tapi rasanya (menurut saya) tetap HokBen yang juara. Plus, sekarang ada menu variasi tambahan seperti ramen dan ayam goreng khas HokBen. Saya belum pernah nyobain menu variasi terbaru ini, mudah-mudahan rasanya gak kalah enak dengan menu andalan.

Untuk harga ya standard restoran fast food frenchise, tentunya lebih murah dari rata-rata restoran Jepang, tapi tetap  dengan menu yang enak, terstandard, halal, dan berkualitas. Untuk 1 menu dan 1 minum rata-rata di harga 50 ribuan. Dan seperti kebanyakan restoran fast food frenchise, di HokBen selain bisa delivery lewat aplikasi ojol, mereka juga punya sistem delivery sendiri. Jadi kalau kawan males pesan lewat aplikasi karena ada biaya tambahan ini  itu, kawan bisa pesan langsung dengan telepon ke nomor delivery HokBen 1500505. 

 

Post a Comment

0 Comments